Beranda > iseng > Ternyata Earphone Bisa Jadi Microphone

Ternyata Earphone Bisa Jadi Microphone

Pada post saya beberapa waktu lalu (membuat speaker dari styrofoam) terlihat bahwa cara kerja speaker adalah menggunakan gaya Lorentz untuk mengubah sinyal listrik menjadi gerakan plat speaker sehingga menimbulkan suara. Cara kerja earphone pun demikian, hanya saja ukurannya yang diperkecil.

Sedangkan cara kerja microphone adalah mengubah getaran udara dari suara menjadi listrik dengan menggunakan hukum Faraday (perubahan fluks magnetik menimbulkan ggl induksi). Untuk lebih jelasnya, bisa dilihat di sini.

Prinsip kerja keduanya mirip, yaitu menggunakan lilitan di sekitar medan magnet untuk mengubah gerakan jadi listrik atau sebaliknya. Di web ini juga dikatakan bahwa “Microphones are loudspeakers in reverse.” Karena itu, bisa saja kita menggunakan earphone sebagai microphone dan juga sebaliknya.

Saya sudah mencoba mengubah earphone jadi microphone. Caranya cukup dengan mencolok earphone ke colokan microphone dan jadilah “mic gadungan.” Bisa dipakai merekam, tapi suara yang tertangkap sangat kecil dan kualitasnya cupu.

Kalau mau dengar hasil rekamannya, bisa didengar di sini. Tapi karena suara yang terekam kecil, jadi volume speaker-nya harus dibesarkan supaya suaranya kedengaran.

Kategori:iseng Tag:
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: