Beranda > fluid, physics > Air dan Es yang Mengapung

Air dan Es yang Mengapung

air dan es yang mengapungApabila sebuah es mengapung di permukaan air dan dibiarkan mencair, tentunya anda tahu bahwa ketinggian permukaan airnya sama pada saat sebelum es mencair dan setelah es mencair.

Nah, sekarang jika di dalam es tersebut ada sebuah batu kecil, bagaimanakah permukaan airnya apabila es mencair? Apakah naik, turun, atau tetap?

Untuk memudahkan kita membayangkannya, kita gunakan saja ilustrasi sebagai berikut untuk air dan es yang mengapung (tanpa batu):

air dan es yang mengapungWarna hijau pada gambar di samping adalah untuk menunjukkan volume yang tersisa saat es mencair.

Bagaimana jika di dalam es tersebut ditambahkan sebuah batu?

Massa jenis batu lebih besar dari massa jenis air sehingga batu akan tenggelam begitu es mencair. Dan pada saat masih di dalam es, es akan cenderung lebih tertarik ke bawah akibat berat batu. Jika digambarkan kira-kira akan seperti ini:

air dan es dan batu

Apabila es mencair, volume es akan menyusut menjadi seperti bagian yang berwarna hijau. Jadi, dari gambar di samping terlihat bahwa permukaan air akan turun apabila es mencair.

Bagaimana jika di dalam es tersebut terdapat gelembung udara?

Dengan asumsi bahwa udaranya sama dengan udara luar.

Untuk menjawabnya, kita perlu mengetahui bahwa pertanyaan di atas bukan pertanyaan khusus, jadi di mana pun letak gelembung udara dan bagaimana pun bentuk es, jawabannya tetap sama (apakah permukaan air naik, turun, atau tetap).

Coba kita berpikir tricky dari pernyataan di atas. Bagaimana jika gelembung udaranya berada di bagian atas es dan hanya terpisahkan dari udara luar oleh lapisan tipis es? Jika pada lapisan tipis tersebut diberi lubang kecil, tidak ada udara yang mengalir karena udaranya sama dengan udara luar. Begitu pun jika lubangnya diperbesar, tidak akan memberi efek terhadap sistem. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa permukaan airnya akan tetap.

Pertanyaan untuk pembaca:
Bagaimana jika di dalam es tersebut ada gabus?
Kategori:fluid, physics Tag:,
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: